Skip to main content

Solusi cara perbaiki jarum speedometer mati vario 125

Solusi cara perbaiki jarum speedometer yang mati vario125

SOLUSI CARA PERBAIKI JARUM SPEEDOMETER MATI HONDA VARIO 125

Ini hal yang sering terjadi  permasalahan  pada sepeda motor yang khususnya speedometer menggunakan sistem digital
saya sendiri alami hal seperti ini. jarum speedometer mati tiba tiba eror naik turun dan tidak lama kemudian mati total jarum speed nya tidak bergerak sama sekali.

tapi fitur yang lainya masih berpungsi normal seperti lampu  lampu dan kode mil masih bisa nyala.saya gunakan sepeda motor saya tanpa tahu berapa saya memacu kecepatan kendaraan yang saya tunggangi.ini sangat menggangu konsentrasi kita dalam berkendara.tidak termasuk saya juga yang mengalami permasalahan seperti ini.mungkin banyak kasus dari temen temen yang menanyakan kenapa ko tiba tiba speedometer nya mati jarum nya eror naik turun dan tiba tiba mati Tidak berpungsi.

SPEEDOMETER VARIO125

Kalian harus tahu bawa honda vario 125 keluaran tahun 2013 ini menganut sistem sensor kecepatan yang digerakan oleh putaran roda belakang.
sensornya yang menuju ke speedometernya putus. ini yang menjadi penyebabnya utamanya. mungkin karena terjepit atau kena gesekan bungkus kabelnya sobek terkelupas bisa  jadi putus.karena jalur kabel yang menuju ke speedometer  sensor ini letak nya di atas bak cvt dan di bawah bok filter udara.


Ok sobat jangan panik da kuatir cara mengatasi permasalahan seperti ini.langakah pertama untuk memperbaikinya kalian harus mengetahui dimana letak sensor speed itu berada.dan letak nya berada di bawah shockbkleker di dalam kotak hitam.
agar kita mudah mencari jalur kabel yang putus buka lepaskan bok filter udara dari tempatnya lepaskan kotak kecil pelindung sensor speednya


CARA MENANGANI PERBAIKAN JARUM SPEEDOMETER MATI

cara menangani perbaikan nya belah selongsong pembungkus kabel nya menggunakan pisau kater atau gunting maka akan nampak terlihat tiga kabel  warna hijau coklat dan hitam urai satu persatu cari bagian kabel yang putus dan setelah ketahuan kabel yang putus nya tingggal di sambung ulang.dan jika lebih dari satu kabel yang putusnya usahakan ketika penyambungan kabelnya jangan sampai salah harus sesuai warna kabel nya lagi.karena bisa patal akibatnya  menyebabkan konslet pada sistem elektrikal sekering bisa putus .dan lebih patal lagi bisa rusak ke bagian sensor ECM. jadi berhati hatilah saat mengerjaknnya.
Setelah disambungkan kembali yang putus untuk bagian kabelnya coba hidupkan mesin motornya apakah sudah bisa berpungsi kembali jarum speednya.dan jika sudah normal kembali seperti semula.saran dari saya dalam penyambungan kabelnya
kalau pengen lebih kuat lagi penyambungan kabel nya lebih bagus di solder.dan setelah semua tersambung jangan lupa di bungkus kembali menggunakan solasi khusus untuk solasi  listrik jangan pakai pembungkus yang lain agar lebih aman lagi.

Setelah selsai semua perbaikan rapihkan kembali jalur kabelnya dan pasang kembali komponen yang tadi di lepas.ok sobat jika kalian kurang paham atau kurang jelas cara solusi memperbaiki jarum speedometer yang mati. bisa lihat video di chanel youtube Saya.
di chanel (NURDIN RAHAYU)


Ok sobat mungkin cukup sekian dulu artikel kali ini.mudah mudahan bermanfaat mohon maaf bila ada kata kata yang gak nyambung atau salah kata kata dalam menulis artikel kali ini.harap maklum karena dalam tahap belajar alias pemula. ini hanya sharing berbagi pengalaman saya ke pada sobat semuanya.sampai jumpa kembali di artikel saya berikutnya.!

Comments

Popular posts from this blog

ciri ciri roller cvt matic yang sudah mulai aus

CIRI CIRI ROLLER CVT MATIC YANG SUDAH MULAI AUS.! Sepeda motor matic ini di era sekarang banyak sekali penggunanya dikalangan masyrakat.karena motor matic ini banyak kelebihanan.dari segi kita berkendara tanpa harus oper gigi dan tanpa harus menekan handel kopling. ini sudah sistem otomatis.untuk mengendarinya  tinggal di gas langsung star.kelebihan yang lainnya bagasi nya yang luas dan lebih mudah lagi kalau kita membawa barang bawaan tinggal ditaruh di deck depan.dan ada kelebihan pasti ada kekurangan nya.kekurangan nya adalah engkolan kick starter yang letaknya ada di bagian kiri . Jadi agak kesusahan ketika meng engkol kick starter nya. Baca juga: cara membuat footstep pijakan kaki tambahan motor matic Ok sobat kita langgsung ke topik pembahasan nya.semua  komponen yang ada di bagian tranmisi matic itu nama nya cvt.cvt itu kepanjangan dari continously variable transmisions.bekerja secara otomatis merupakan cara paling flexibel dalam pemindahan tenaga yang ditransper dari pu

Cara atasi masalah engkolan kick starter macet tidak mau balik ke posisi semula

Cara atasi masalah kick starter macet tidak mau balik ke posisi semula Hal ini sering di alami bagi semua orang yang mempunyai sepeda motor matic. Engkolan kick starter ketika mau digunakan macet dan keras. Yang jadi faktor penyebab utamanya engkolan kick starter macet jarangnya di gunakan. Karena engkolan kick starter ini bisa di bilang ini hanya un tuk cadangan. Baca juga artikel lain: Cara membuat pijakan kaki : disini   Yang utamanya untuk menghidupkan mesin adalah elektrik starter.! Dan ketika keadaan darurat mesin susah untuk di dihidupkan baru kita gunakan engkolan kick starter misalnya aki lemah tidak kuat starter Yang mungkin sebagian pengguna sepeda motor matic ini jarang sekali untuk menggunakannya karena sepeda motor matic menggunakan engkolan kick starter bisa di bilang agak susah dan repot untuk dilakukan  Karena tata letak kick starter sepeda motor matic berada di sebelah kiri. berbeda dengan motor bebek atau sport lainnya kick starter nya ada di sebelah k