Cara atasi masalah kick starter macet tidak mau balik ke posisi semula
Hal ini sering di alami bagi semua orang yang mempunyai sepeda motor matic. Engkolan kick starter ketika mau digunakan macet dan keras. Yang jadi faktor penyebab utamanya engkolan kick starter macet jarangnya di gunakan. Karena engkolan kick starter ini bisa di bilang ini hanya untuk cadangan.
Baca juga artikel lain:
Cara membuat pijakan kaki :disini
Yang utamanya untuk menghidupkan mesin adalah elektrik starter.! Dan ketika keadaan darurat mesin susah untuk di dihidupkan baru kita gunakan engkolan kick starter misalnya aki lemah tidak kuat starter
Yang mungkin sebagian pengguna sepeda motor matic ini jarang sekali untuk menggunakannya karena sepeda motor matic menggunakan engkolan kick starter bisa di bilang agak susah dan repot untuk dilakukan
Karena tata letak kick starter sepeda motor matic berada di sebelah kiri. berbeda dengan motor bebek atau sport lainnya kick starter nya ada di sebelah kanan bisa dilakukan sambil duduk di atas jok.
Sedangkan untuk sepeda motor matic untuk bisa menggunakan kick starter harus posisi di standar dua.dan Kalau tidak di standar dua maka tidak akan bisa.
Tapi kick starter ini sangatlah penting juga untuk menghidupkan mesin. Ketika mesin motor sudah lama tidak di hidupkan. atau jarang digunakan maka wajib harus menggunakan kick starter. Ketika mau dihidupkan. Karena dengan menggunakan kick starter tersebut akan membuat oli mesin yang sudah mengendap akan secara langsung terpompa bersirkulasi. Dan menggunakan kick starter bisa menghemat penggunaan kelistrikan pada sepeda motor kita. Dan tidak membebani aki motor
Dan apabila engkolan kick starter macet tidak bisa di gunakan maka jangan di paksa untuk di gunakan. Hal ini wajar apabila seret dan keras biasa karena lama jarang di gunakan. Per stopper yang menjadi penghubung gir primer ini sudah di penuhi kotoran debu dan karat. Dan ketika kick starter digunakan akan terasa keras seset. Dan tidak bisa balik ke semula. Per stopper ini berpungsi sebagai rel pemegang gir primer
Dan baca juga:
Cara mudah membuka komponen bagian cvt Honda vario 125
Dan ini Cara solusi untuk mengatasi kembali normal lagi. Di cek di bagian komponen transmisi cvt. Langkah pertama bongkar tutup cover cvt menggunakan kunci T-8 buka semua baut pengikat di blok cvt. Dan setelah beres di bongkar bersihkan kotoran dengan cara pake kuas dan kalau ada tiup pake angin komplesor biar lebih bersih. Dan setelah beres gir primer dan rel penghubung di lumuri pake grist/gemuk tujuannya supaya lancar licin tidak keras lagi. Meskipun kita sering digunakan kick starter nya tapi harus tetap untuk perawatan servis berkala jangan sampai lupa harus rutin. Dilakukan setelah mencapai jarak 8000. km buka cover cvt dan copot lepaskan gigi pengungkit dan tarik gerak gerakan kebawah kick starter berulang ulang
Dan setelah selsai pasang kembali tutup cover cvt nya gunakan kick starter tanpa menyalakan kunci kontak. Dan biarkan oli terpompa menyebar melumasi mesin di dalam dan setelah digerak gerakan tanpa menyalakan kunci kontak. Sekarang hidupkan kunci kontak dan sekarang injak kejek kick starter nya nyalakan mesinnya. Dan hasilnya engkolan sudah kembali normal tidak keras lagi. Bisa balik lagi ke semula..!
Cukup sekian tutorialnya cara atasi solusi engkolan macet. mudah mudahan ini bisa bermanfaat untuk semua. Dan mohon maaf bila ada salah salah kata harap maklum maklum saya juga baru belajar. dan terima kasih banyak sudah mampir di Blogger saya. Sampai jumpa lagi di di blog berikutnya.
Comments
Post a Comment
Silahkan berkomentar secara bijak sesuai dengan konten pembahasan..!