Skip to main content

Cara atasi masalah engkolan kick starter macet tidak mau balik ke posisi semula



Cara atasi masalah kick starter macet tidak mau balik ke posisi semula

Hal ini sering di alami bagi semua orang yang mempunyai sepeda motor matic. Engkolan kick starter ketika mau digunakan macet dan keras. Yang jadi faktor penyebab utamanya engkolan kick starter macet jarangnya di gunakan. Karena engkolan kick starter ini bisa di bilang ini hanya untuk cadangan.

Baca juga artikel lain:
Cara membuat pijakan kaki :disini

 Yang utamanya untuk menghidupkan mesin adalah elektrik starter.! Dan ketika keadaan darurat mesin susah untuk di dihidupkan baru kita gunakan engkolan kick starter misalnya aki lemah tidak kuat starter
Yang mungkin sebagian pengguna sepeda motor matic ini jarang sekali untuk menggunakannya karena sepeda motor matic menggunakan engkolan kick starter bisa di bilang agak susah dan repot untuk dilakukan 

Karena tata letak kick starter sepeda motor matic berada di sebelah kiri. berbeda dengan motor bebek atau sport lainnya kick starter nya ada di sebelah kanan bisa dilakukan sambil duduk di atas jok. 
Sedangkan untuk sepeda motor matic untuk bisa menggunakan kick starter harus posisi di standar dua.dan  Kalau tidak di standar dua maka tidak akan bisa. 

Tapi kick starter ini sangatlah penting juga untuk menghidupkan mesin. Ketika mesin motor sudah lama tidak di hidupkan. atau jarang digunakan maka wajib harus menggunakan kick starter. Ketika mau dihidupkan. Karena dengan menggunakan kick starter tersebut akan membuat oli mesin yang sudah mengendap akan secara langsung terpompa bersirkulasi. Dan menggunakan kick starter bisa menghemat penggunaan kelistrikan pada sepeda motor kita. Dan tidak membebani aki motor 

Dan apabila engkolan kick starter macet tidak bisa di gunakan maka jangan di paksa untuk di gunakan. Hal ini wajar apabila seret dan keras biasa karena lama jarang di gunakan. Per stopper yang menjadi penghubung gir primer ini sudah di penuhi kotoran debu dan karat. Dan ketika kick starter digunakan akan terasa keras seset. Dan tidak bisa balik ke semula. Per stopper ini berpungsi sebagai rel pemegang gir primer 

Dan baca juga:
Cara mudah membuka komponen bagian cvt Honda vario 125 

Dan ini Cara solusi untuk mengatasi kembali normal lagi. Di cek di bagian komponen transmisi cvt. Langkah pertama bongkar tutup cover cvt menggunakan kunci T-8 buka semua baut pengikat di blok cvt. Dan setelah beres di bongkar bersihkan kotoran dengan cara pake kuas dan kalau ada tiup pake angin komplesor biar lebih bersih. Dan setelah beres gir primer dan rel penghubung di lumuri pake grist/gemuk tujuannya supaya lancar licin tidak keras lagi. Meskipun kita sering digunakan kick starter nya tapi harus tetap untuk perawatan servis berkala jangan sampai lupa harus rutin. Dilakukan setelah mencapai jarak 8000. km buka cover cvt dan copot lepaskan gigi pengungkit dan tarik gerak gerakan kebawah kick starter berulang ulang

Dan setelah selsai pasang kembali tutup cover cvt nya gunakan kick starter tanpa menyalakan kunci kontak. Dan biarkan oli terpompa menyebar melumasi mesin di dalam dan setelah digerak gerakan tanpa menyalakan kunci kontak. Sekarang hidupkan kunci kontak dan sekarang injak kejek kick starter nya nyalakan mesinnya. Dan hasilnya engkolan sudah kembali normal tidak keras lagi. Bisa balik lagi ke semula..! 

Cukup sekian tutorialnya cara atasi solusi engkolan macet. mudah mudahan ini bisa bermanfaat untuk semua. Dan mohon maaf bila ada salah salah kata harap maklum maklum saya juga baru belajar. dan terima kasih banyak sudah mampir di Blogger saya. Sampai jumpa lagi di di blog berikutnya. 




Comments

Popular posts from this blog

ciri ciri roller cvt matic yang sudah mulai aus

CIRI CIRI ROLLER CVT MATIC YANG SUDAH MULAI AUS.! Sepeda motor matic ini di era sekarang banyak sekali penggunanya dikalangan masyrakat.karena motor matic ini banyak kelebihanan.dari segi kita berkendara tanpa harus oper gigi dan tanpa harus menekan handel kopling. ini sudah sistem otomatis.untuk mengendarinya  tinggal di gas langsung star.kelebihan yang lainnya bagasi nya yang luas dan lebih mudah lagi kalau kita membawa barang bawaan tinggal ditaruh di deck depan.dan ada kelebihan pasti ada kekurangan nya.kekurangan nya adalah engkolan kick starter yang letaknya ada di bagian kiri . Jadi agak kesusahan ketika meng engkol kick starter nya. Baca juga: cara membuat footstep pijakan kaki tambahan motor matic Ok sobat kita langgsung ke topik pembahasan nya.semua  komponen yang ada di bagian tranmisi matic itu nama nya cvt.cvt itu kepanjangan dari continously variable transmisions.bekerja secara otomatis merupakan cara paling flexibel dalam pemindahan tenaga yang ditransper dari pu

Solusi cara perbaiki jarum speedometer mati vario 125

SOLUSI CARA PERBAIKI JARUM SPEEDOMETER MATI HONDA VARIO 125 Ini hal yang sering terjadi  permasalahan  pada sepeda motor yang khususnya speedometer menggunakan sistem digital saya sendiri alami hal seperti ini. jarum speedometer mati tiba tiba eror naik turun dan tidak lama kemudian mati total jarum speed nya tidak bergerak sama sekali. tapi fitur yang lainya masih berpungsi normal seperti lampu  lampu dan kode mil masih bisa nyala.saya gunakan sepeda motor saya tanpa tahu berapa saya memacu kecepatan kendaraan yang saya tunggangi.ini sangat menggangu konsentrasi kita dalam berkendara.tidak termasuk saya juga yang mengalami permasalahan seperti ini.mungkin banyak kasus dari temen temen yang menanyakan kenapa ko tiba tiba speedometer nya mati jarum nya eror naik turun dan tiba tiba mati Tidak berpungsi. SPEEDOMETER VARIO125 Kalian harus tahu bawa honda vario 125 keluaran tahun 2013 ini menganut sistem sensor kecepatan yang digerakan oleh putaran roda belakang. sensorny